PDTO - HAND TOOLS (ALAT-ALAT TANGAN)

 

Peralatan tangan atau perkakas tangan (hand tool) adalah alat bantu kerja yang digunakan dengan kekuatan tangan manual (tenaga manusia) dan bukan dengan mesin (power tool), yang dalam pemakaiannya bisa dengan mudah dibawa atau dipindahkan.

Penggunaan peralatan tangan manual yang salah dan tidak tepat akan mengakibatkan cedera bagi pekerja, rusaknya peralatan, dan kerugian lainnya. Paling penting dalam penggunaan peralatan tangan adalah menggunakannya sesuai dengan ukuran, jenis dan fungsinya. Kesalahan penggunaan akan mengakibatkan kerusakan dan cacat pada manusia, hasil kerja, maupun kerusakan pada alat tersebut.

Contoh-contoh Hand Tool (alat-alat tangan) diantaranya adalah:
1. Open End Wrench ( Kunci Pas )
Kunci pas atau open end wrench atau open ended spanner merupakan salah satu peralatan yang sering digunakan saat perbaikan kendaraan. Kunci pas pada umumnya terbuat dari logam dengan paduan chrome vanadium, dengan tangkainya membentuk sudut 15 derajat pada kedua ujungnya dan ada kunci pas khusus yang memiliki sudut 90 derajat.
Fungsi dari Kunci pas atau Open End Wrench adalah untuk mempercepat saat pelepasan dan pengencangan baut atau mur jika kunci-kunci yang lain misalnya kunci ring tidak dapat menjangkau baut atau mur tersebut.

Penggunaan: 
  • Pilih kunci pas sesuai ukuran baut atau mur 
  • Pasang kunci pas hingga rahang-rahang sepenuhnya mencengkeram kepala baut atau mur untuk menghindari rahang slip atau terlepas 
  • Tarik kunci pas ke arah Anda atau kebalikannya untuk melepaskan atau mengencangkan baut/mur 
  • Hindari menggunakan kunci pas yang rahang-rahangnya retak, rusak, aus, atau bundar karena bisa menimbulkan slip dan melukai Anda 
  • Hindari menggunakan kunci yang kotor atau licin karena bisa terlepas dari genggaman Anda dan menimbulkan cedera  
  • Hindari menggunakan kunci pas untuk melepas baut / mur yang masih kencang, karena bidang cengkram kunci pas tidak maksimal dan dapat mengakibatkan kepala baut atau mur menjadi aus / lumur / rusak
Pemeliharaan: 
  • Jaga kunci pas tetap bersih, cukup lap menggunakan kain bersih 
  • Simpan kunci pas di kotak peralatan, lemari, atau gantungan dinding 
  • Periksa kunci pas secara teratur untuk melihat tanda-tanda kerusakan dan keausan. 
  • Segera ganti kunci pas yang sudah aus atau rusak.
2. Kunci Ring (Offset Ring Spanner) Spanner)
Kunci ring adalah sebuah kunci yang memiliki bentuk segi 12 yang melingkari kepala baut. Kunci ini memiliki bentuk segi yang lebih banyak sehingga bisa digunakan pada sudut yang lebih leluasa. 
Seperti halnya kunci pas,kunci ring juga mempunyai 2 buah kunci disetiap ujungnya dengan ukuran yang berbeda dengan tujuan untuk mengurangi jumlah kunci yang disediakan. Kunci ring digunakan untuk membuka/memasang mur atau baut yang mempunyai momen pengencangan yang relatif lebih besar besar 
Berbeda dengan kunci pas, kunci ring sangat baik saat digunakan untuk melepas baut yang keras karena bentuknya yang melingkari baut tentu bisa lebih aman.

Perawatan : 
  • Jaga kunci pas tetap bersih, cukup lap menggunakan kain bersih 
  • Simpan kunci pas di kotak peralatan, lemari, atau gantungan dinding 
  • Periksa kunci pas secara teratur untuk melihat tanda-tanda kerusakan dan keausan. 
  • Segera ganti kunci pas yang sudah aus atau rusak.
3. Kunci Pas- Ring / Kunci Kombinasi ( Combination Wrench )
Kunci pas - ring dapat digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut / mur terutama pada bagian - bagian yang tidak terjangkau oleh kunci socket. Kunci pas-ring cukup praktis, karena bagian ring, dapat untuk mengencangkan / mengendorkan sedangkan bagian pasnya bisa untuk melepas dengan cepat.









4. Kunci Inggris ( Adjustable Wrench )
Kegunaan kunci ini ialah untuk membuat baut/mur yang tidak bisa dilakukan oleh kunci pas/ring, selain itu kunci ini lebih mudah dikarenakan tidak perlu menggunakan tenaga yang tidak terlalu besar seperti kunci pas dan ring. Kelayakannya dilihat dari penyetel rahang kunci inggris dan dilihat dari mulut kunci itu sendiri. 

Perawatan : 
  • Jika Selesai digunakan, simpanlah kunci inggris di dalam lemari, dalam perkakas dan di tempat yang aman 
  • Hindarkan dari sinar matahari secara langsung 
  • Berilah WD Secara rutin 
  • Hindarkan dari tempat yang lembab agar tidak terjadi pengikisan atau korosi secara langsung kepada kunci tersebut
5. Tang ( Plier )
Tang memiliki beragam fungsi antara lain untuk memotong kawat, mengencangkan baut, dan menjepit sekaligus mengelupas kabel. 
Umumnya, tang terbagi atas empat jenis, yaitu: 
  • Tang Pemotong ( Side Cutting Plier )
    Ciri-cirinya memiliki rahang tajam yang berfungsi untuk memotong kawat, kabel plastik, dan fiber tipis. Tang jenis ini tidak cocok digunakan untuk memotong ukuran bidang yang besar atau tebal. 
  • Tang Penjepit ( Long Nose Plier )
    Tang ini memiliki rahang bergerigi yang sangat rapat dengan ujung rahang runcing untuk menjangkau celah yang kecil. Tang penjepit berfungsi sebagai penjepit kawat atau kabel. 
  • Tang Pengunci ( Locking Plier )
    Tang ini memiliki rahang bergerigi renggang agar tidak licin saat mengencangkan baut.
  • Tang Kombinasi ( Combination Plier )
    Tang kombinasi memiliki fungsi ganda untuk memotong kawat/kabel, menjepit kawat/ kabel, dan mengencangkan atau mengunci baut/ mur. Meski berperan ganda, tang ini memiliki kelemahan, jika celah antar rahang berkarat akan berakibat macet.
Penggunaan: 
  • Pilih tang sesuai jenis dan fungsinya 
  • Pegang tang dengan kuat dan mantap. 
  • Pastikan gagang tang tidak kotor atau licin karena bisa menimbulkan slip dan mengakibatkan cedera pada tangan Anda 
  • Gerakkan bagian gagang tang dengan cara menekannya seperti saat menggunakan gunting untuk memotong kabel/kawat, menjepit kabel/kawat dan mengencangkan atau mengendurkan baut 
  • Jangan gunakan tang jika gagangnya rusak, kendur, patah atau kotor dengan oli atau minyak 
  • Jangan gunakan tang jika rahang atau celah antar rahangnya rusak, berkarat atau macet. 

Pemeliharaan: 
  • Jaga kebersihan tang, bersihkan kotoran, oli, atau minyak pada pegangan atau rahang menggunakan lap 
  • Ganti tang jika gagangnya patah atau rahang berkarat atau rusak 
  • Simpan di kotak peralatan, lemari, atau gantungan dinding.
6. Obeng ( Screwdriver )
Obeng terdiri dari 2 jenis yaitu obeng min dan obeng plus. 
Kegunaan obeng ialah untuk membuka/memasang sekrup (+) dan sekrup (-) pada kompone-komponen tertentu pada bagian motor seperti pada lampu kepala, pelindung radiator, dan untuk melepas pengikat seperti sekrup, dll Kelayakan dilihat dari mata obeng itu jika mata obeng itu bengkok maka tidak bisa digunakan, biasanya digunakan untuk menjadi tumpuan untuk memukul barang. Perawatan Jika selesai digunakan tarulah obeng di tempatnya agar tidak hilang



7. Palu ( Hammer )
Kegunaan benda ini ialah untuk memukul atau memasang dan melepaskan komponen komponen mesin seperti pada pemasangan bearing, melepaskan sambungan pada propeller shaft dsb. Kelayakan dilihat dari kepala palu dan tubuh palu, jika ingin memakai peralatan ini perhatikanlah posisi tersebut.











8. Kunci Soket ( Socket Wrench )
Kunci Socket ialah kunci yang terdiri dari beberapa kunci dimana kegunaannya ialah untuk membuka baut/mur yang jauh dan tidak terjangkau oleh tanga sperti berada di dalam mesin bagian dalam,dsb. 







9. Kunci L ( Allen Wrench )
Kegunaan kunci ini ialah untuk membuka/melepaskan baut yang kepalanya bautnya menjorok ke dalam seperti di tang sepeda. Ukuran kunci ini antara 2mm - 22 m. Kelayakannya dilihat dari mata ujung kunci L kalo patah atau aus maka tidak bisa di gunakan.








10. Kunci Roda (Wheel Brace)
Kunci roda digunakan untuk melepaskan dan memasang kembali mur (nut) pada roda. Alat ini biasanya mempunyai 3 atau 4 ujung socket dengan ukuran yang berbeda-beda.








11. Kunci Busi (Spark Plug Socket) 
Kunci busi dipasang dengan sisipan karet yang tidak hanya mencegah porselin pada busi agar tidak pecah, melainkan juga untuk menahan busi agar memudahkan saat pelepasan dan pemasangan busi.







12. Kunci Nipple (Flare Nut Wrench) 
Kunci nepel digunakan untuk mengencangkan / melepas baut pada sambungan - sambungan pipa yang serupa dengan sambungan-sambungan yang digunakan pada injector line atau pipa rem.


13. Kunci T ( shock T handle )
Kunci T atau dikenal juga dengan shock T handle, merupakan perkakas yang memudahkan dalam membongkar baut. 
Nah namun banyak kesalahan persepsi terkait jenis kunci T. 
Kunci T untuk keperluan teknis pada mobil berbeda dengan yang digunakan untuk sepeda motor. Kunci T untuk mobil, penampang atau joinnya dapat diputar dan ujungnya bisa disambung agar lebih panjang. Sehingga memudahkan untuk menjangkau area yang sempit.
Disclaimer : All the games, themes, softwares and other resources are reproduced from any sources, forums or blogs. If any violation of your copyright, please inform, we will remove within 24 hours.
All credit is given to the original ripper or uploader.
Share this article :