PKK XI - MEMAHAMI SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHAWAN

Pengertian Kewirausahaan
Istilah kewirausahaan (entrepreneur) pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke-18 oleh ekonom perancis, Richard Cantillon.Menurutnya, entrepreneur adalah “agent who buys means of production at certain prices in order to combine them”. Pengertian lainnya menyebutkan kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan risiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi.
Wirausaha (entrepreneurship) adalah kemampuan seseorang untuk hidup sendiri atau berdikari di dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya yang bebas atau merdeka secara lahir dan batin. Entrepreneur adalah sosok orang yang tidak mudah diam, biasanya suka melakukan inovasi terus menerus dan perbaikan dari hal yang sudah ada.
Sedangkan yang dimaksud dengan kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah bentuk usaha untuk menciptakan nilai lewat pengakuan terhadap peluang bisnis, manajemen pengambilan risiko yang sesuai dengan peluang yang ada, dan lewat keterampilan komunikasi dan sumber daya yang diperlukan untuk membawa sebuah proyek sampai berhasil. (Peter Kilby Entrepreneurship and Economic Development, New York : The Free Press, 1971). Dalam bentuk yang lain, kewirausahaan didefinisikan sebagai adventurisme (berpetualang), risk taking (mengambil risiko) dan thrill-seeking (pencari kegentaran). Dalam bentuk sederhana, kewirausahaan berkonotasi mengimplementasikan, yang berarti mengerjakan (sesuatu), yaitu sesuatu yang harus dikerjakan seorang wirausaha. 

Perhatian dan ketertarikan terhadap masalah kewirausahaan ini sangat tepat karena kita memerlukan apa yang dapat dikerjakan dan diberikan oleh wirausaha (entrepreneurs) seperti : 
  1. Produk-produk baru dan jasa-jasa baru
  2. Pekerjaan baru
  3. Lingkungan kerja yang kreatif
  4. Cara-cara baru melakukan kegiatan bisnis
  5. Bentuk baru penciptaan bisnis (new business innovation)
Wirausaha dan Kewirausahaan

Mengidentifikasi Sikap dan Perilaku Wirausaha 
a. Sikap (attitude) merupakan kecenderungan individu untuk merespon dengan cara yang khusus terhadap stimulus yang ada dalam lingkungan. Karena masih dalam bentuk kecenderungan, maka responnya masih tertutup, tidak dapat dilihat langsung. Sikap disebut juga dengan pendirian. Sikap berupa kecenderungan untuk mendekat atau menghindar, positif atau negatif terhadap berbagai keadaan sosial seperti institusi, pribadi, situasi, ide, konsep dan sebagainya. 

Sikap seorang wirausahawan diantaranya adalah : 
  1. Positif Thingking 
  2. Berorientasi jauh kedepan, berfikir maju, sikap prestatif, think for the fiture not the past
  3. Tidak gentar menghadapi pesaing 
  4. Sikap selalu ingin tahu
  5. Ingin memberi yang terbaik untuk orang lain
  6. Penuh semangat dan pantang menyerah
  7. Memiliki komitmen yang kuat dan integritas yang tinggi untuk meraih impian 
b. Perilaku (behaviour) merupakan hasil dari seluruh pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, sikap dan tindakan. Jadi perilaku muncul didasarkan atas sikap yang telah diambil. 
Ada 2 kelompok perilaku manusia, yaitu: 
  1. Perilaku tertutup, bila respon terhadap stimulus masih belum dapat diamati orang lain (dari luar) secara jelas. Respon seseorang masih terbatas dalam bentuk perhatian, perasaan, persepsi, pengetahuan dan sikap terhadap stimulus yang bersangkutan. 
  2. Perilaku terbuka, bila respon terhadap stimulus sudah berupa tindakan atau praktek yang dapat diamati orang dari luar. Respon ini dapat bersifat pasif seperti berpendapat tanpa tindakan, maupun aktif dengan melakukan tindakan. (https://brainly.co.id/tugas/7264270). 
Sikap dan perilaku tidak dapat dipisahkan, sikap adalah mindset atau pola piker atas hal-hal yang dihadapinya sedangkan perilaku adalah tindakan dari kebiasaan atas kebenaran yang ia pegang teguh. 
Perilaku wirausahawan secara individu : 
  1. Teguh pendirian
  2. Yakin dengan apa yang dilakukan
  3. Komitmen dan tanggunjawab
  4. Disiplin, jujur dan optimis 
Perilaku secara social dan lingkungan : Berpenampilan rapi, berperilaku baik, senang memotivasi, teladan, pandai bergaul, cakap berkomunikasi
Perilaku dalam pekerjaan : Berorientasi pada tujuan, tidak menunda pekerjaan, tuntas mengerjakan tugas, selalu ingin berprestasi, kreatif dan inovatif, menyukai tantangan dalam bekerja, selalu memiliki ide

Sikap dan Perilaku Kerja Prestatif

Bekerja Efektif dan Efisien 
  • Efektif adalah Pencapaian tujuan atau target dalam batas waktu yang sudah ditentukan. Efektif adalah kualitas yang baik, waktu yang tepat, biaya yang optimal, system yang benar, metode kerja sesuai SOP, alat yang benar, tepat cepat hemat, dan menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan maslah baru.
  • Efisien adalah sebuah hasil telah dicapai dan diwujudkan melalui perencanaan dan pengelolaan optimal dengan menggunakan alat yang tepat, biaya yang rendah, dan waktu penyelesaian yang cepat
Karakteristik Wirausahawan 
  • Karakteristik wirausahawan menurut Leland F. Hendie dan Jacob Satzky adalah the pattern of behaviour characteristic forgiven individual.
  • Pengertian Karakteristik Menurut KBBI Pengertian karakter dapat diistilahkan sebagai sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti, akhlak yang dimiliki seseorang yang nantinya akan membedakan seseorang tersebut dengan orang lainnya.
  • Menurut Pusat Bahasa Depdiknas (2008) Pengertian karakter merupakan bawaan dari hati, jiwa, budi pekerti, kepribadian, sifat, tabiat, personalitas, temperamen, dan watak. Berkarakter dapat pula diartikan sebagai kepribadian, bersifat, berperilaku, berwatak, dan bertabiat

Enam karakteristik utama seorang wirausahawan
Enam karakteristik utama seorang wirausahawan 
1. Sikap dan perilaku disiplin 
2. Latihan dan ketaatan pada aturan 
3. Komitmen tinggi 
4. Fokus pikiran diarahkan pada tugas dan usahanya dengan selalu berupaya memperoleh hasil yang maksimal 
5. Jujur 
6. Kebenaran yang diungkapkan sehingga menimbulkan kepercayaan 7. Kreatif dan inovatif


      Kreativitas adalah kemampuan seseorang melahirkan sesuatu produk yang baru. Sedangkan inovasi
       adalah pengenalan hal-hal yang baru dan diterima oleh masyaraka 
8. Mandiri Mampu mengerjakan sendiri segala kegiatan tanpa bantuan orang lain 
9. Realistis Berpikir secara raelistis/kenyataan yang terjadi dan sesuai dengan akal sehat

Sisi Potensial yang dimiliki manusia untuk selalu ingin maju : 
  • Self Awarness :Mawas diri 
  • Couscinece : Mempertajam suara hati 
  • Independent will : Kebebasan berekspresi 
  • Creative imagination :Berpikir mengarah ke depan untuk memecahkan maslah dengan imajinasi, kreatifitas dan adaptasi yang tepat 
Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha
Aspek yang mendukung keberhasilan seorang wirausahawan 
  • Kognitif : Penalaran dan kemampuan berpikir 
  • Psikomotorik : berasosiasi kerja fisik
  • Unsur sikap mental : respons, tanggapan terhadap situasi tertentu
  • Unsur kewaspadaan : Perkiraan yang akan terjadi dan tindakan yang harus dilakukan
  • Jujur
  • Disiplin dan berani
Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha
  • Tidak adanya perencanaan yang matang
  • Bakat yang tidak cocok
  • Kurangnya pengalaman dalam berwirausaha
  • Tidak mempunyai semangat dalam berwirausaha
  • Kurangnya modal untuk berkembang
  • Lemahnya pemasaran hasil produk
  • Tidak memiliki etos kerja yang tinggi
Disclaimer : All the games, themes, softwares and other resources are reproduced from any sources, forums or blogs. If any violation of your copyright, please inform, we will remove within 24 hours.
All credit is given to the original ripper or uploader.
Share this article :