2. PKK Kelas XII - Produksi Massal - 2

Perencanaan Produksi Massal
1. Pengertian Perencanaan Produksi 
        Perencanaan produksi dapat diartikan sebagai proses untuk memproduksi barang pada suatu periode sesuai yang telah dijadwalkan melalui pengelolaan sumber daya seperti tenaga kerja, bahan baku, dan peralatan. Perencanaan produksi berguna untuk mengarahkan seluruh aktivitas rutin tenaga kerja. 

Pengertian Perencanaan Produksi Menurut Ahli
Para ahli banyak mempetakan definisi perencanaan produksi dengan makna yang berbeda-beda. Berikut ini definisi-definisi yang dimaksud:

Agus Ahyari
Menurut Agus Ahyari perencanaan produksi adalah perencanaan produk dengan ruang lingkup apa serta berapa jumlah produk yang akan diproduksi. Karena ini sebatas rencana maka yang diperbincangkan adalah produk yang akan dibuat di masa yang akan datang.

Nasution
Sedangkan Nasution memiliki pandangan berbeda terkait perencanaan produksi. Menurutnya perencanaan produksi adalah tindakan perencanaan yang cepat semata untuk menghasilkan kebijakan atau keputusan terkait permintaan produk yang disesuaikan dengan sumber daya perusahaan.

Heizer dan Reider
Manajemen produksi adalah serangkaian aktivitas yang menghasilakn nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output. 

Irham Fahmi
Manajemen produksi adalah suatu ilmu yang membahas secara komprehensif bagaimana pihak manajemen produksi perusahaan mempergunaan ilmu dan seni yang dimiliki dengan mengarahkan dan mengatur orang-orang untuk mencapai suatu hasil produksi yang diinginkan.

2. Ruang Lingkup Perencanaan Produksi
Menurut Agus Ahyari (2002;115), menyatakan bahwa : “Perencanaan Produksi adalah perencanaan tentang produk apa dan berapa jumlah masing-masing yang segera akan diproduksi pada periode yang akan datang.” 

 Menurut Fogarty, Blackstone dan Hoffman, (1991, h.42) Perencanaan produksi merupakan suatu perencanaan menggunakan informasi dari produk dan perencanaan penjualan untuk merencanakan laju rencana produksi serta tingkatan persediaan selama periode waktu dari sekelompok produk. 

 Menurut Nasution (1999), perencanaan produksi adalah suatu perencanaan taktis yang bertujuan untuk memberikan keputusan yang optimum berdasarkan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dalam memenuhi permintaan produk yang akan dihasilkan. 

 Sementara menurut Ginting (2007), perencanaan produksi merupakan pernyataan rencana produksi ke dalam bentuk agregat yang biasanya dijadikan sebagai pegangan untuk merancang jadwal induk produksi. 

 Menurut (Buffa & Sarin, 1996). Perencanaan produksi juga dapat didefinisikan sebagai proses untuk memproduksi barang-barang pada suatu periode tertentu sesuai dengan yang diramalkan atau dijadwalkan melalui pengorganisasian sumber daya seperti tenaga kerja, bahanbaku, mesin dan peralatan lainnya. Perencanaan produksi menuntut penaksir atas permintaan produk atau jasa yang diharapkan akan disediakan perusahaan di masa yang akan datang. Dengan demikian, peramalan merupakan bagian integral dari perencanaan produksi. 

 Menurut (Biegel, et al., 2009). Perencanaan produksi merupakan pengorganisasian kebutuhan tenaga kerja, bahan-bahan baku, mesin dan peralatan lain serta modal yang diperlukan untuk memperoduksi sejumlah barang pada suatu periode tertentu di masa depan sesuai dengan kuantitas dan kualitas yang dikehendaki dengan keuntungan maksimum 2. Ruang Lingkup 

Perencanaan Produksi Menurut Sukaria Simulingga (2013) perencanaan produksi meliputi:
    • Mempersiapkan rencana produksi mulai dari tingkat agregat untuk seluruh pabrik yang meliputi perkiraan permintaan pasar dan proyeksi penjualan.
    • Membuat jadwal penyelesaian setiap produkyang diproduksi.
    • Merencanakan produksi dan pengadaan komponen yang dibutuhkan dari luar (bought-out items) dan bahan baku.
    • Menjadwalkan proses operasi setiap orderpada stasiun kerja terkait.e.Menyampaikan jadwal penyelesaian setiap orderkepada para pemesan.

3. Tujuan dan Fungsi perencanaan Produksi 
        Tujuan: 
  1. Meminimalkan biaya serta memaksimalkan keuntungan
    Salah satu tujuan perencanaan produk massal.yaitu meminimalkan biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan.Dengan membuat perencanaan produk,maka akan dioptimalkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam proses produksi,seperti penyediaan bahan baku,tenaga kerja dan yang lainnya 
  2. Memaksimalkan kepuasan pelanggan
    Tingkat kepuasaan pelanggan terhadap produk merupakan tujuan dari perencanaan semakin besar tingkat kepuasaan pelanggan terhadap produk,maka semakin mudah bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan ,sebaliknya semakin pelanggan tidak puas terhadap produk,maka akan semakin sulit bagi perusahaan mendapatkan keuntungan dari produk tersebut. 
  3. Meminimalkan perubahan nilai produksi
    Perencanaan produksi yang tepat akan menimbulkan resiko kehilangan nilai produksi suatu produk,contohnya,perusahaan bahan baku di gudang harus di produksi sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditentukan. 
  4. Meminimalkan perubahan tenaga kerja
    Perencanakan produksi yang baik juga akan menentukan berapa banyak tenaga kerja yang harus digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Dengan perencanaan yang berkaitan dengan tenaga kerja tersebut,maka biaya tenaga kerjapun bisa diminamalkan
  5. Memaksimalkan perlengkapan dan inventaris pabrik
    Dengan perencanaan produk yang baik berarti penggunaan perlengkapan yang terdapat dalam pabrikpun di maksimalkan 

       Fungsi dari perencanaan produksi adalah : 
  1. Menjamin rencana produksi dan pemasaran produk
    Perencanaan yang tepat mampu memudahkan perusahaan untuk menjamin rencana penjualan produk kepada konsumen sesuai dengan rencana yang tepat.
  2. Mengukur kapasitas produksi yang konsisten terhadap rencana produksi
    Perencanaan produksi sangat tepat digunakan untuk mengukur seberapa besar perusahaan mampu untuk memperproduksi barang serupa dari waktu ke waktu.
  3. Alat untuk memonitor hasil produksi
    Fungsi lainnya dari pembuatan perencanaan produksi,yaitu memudahkan perusahaan dalam memonitor hasil produksinya secara akurat 

4. Unsur Perencanaan Produksi: 
  • Tujuan Produksi
    Tujuan produksi harus dibuat sejelas mungkin dan mampu dipahami oleh menejemen perusahaan.
  • Pengukuran dan standar produksi
    Artinya perencanaan produksi tidak hanya dilakukan atas tujuan saja,tetapi juga jharus mengukur kemampuan konsumen dalam menyerap produk tersebut.
  • Perencanaan merupakan fakta obyektif
    Perencanaan produksi harus apa adanya dan memiliki pemikiran yang cukup rasional bukan hanya sebagai angan-angan saja.
  • Perencanaan harus bisa diukur
    Artinya sekalipun hanya mengira-ira namun perkiraan tersebut adalah benar dan tentunya tidak menimbulkan kerugian pada perusahaan.
  • Tahap awal pelaksanaan produksi
    Perencanaan harus menjadi langkah awal bagi perusahaan dalam menghasilkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen. 

5. Jenis-Jenis Perencanaan Produksi 
  1. Perencanaan Jangka Panjang ( Long Range Planning)
    Perencanaan jangka panjang merupakan perencanaan produksi lebih dari satutahun bahkan hingga lima tahun mendatang.
  2. Perencanaan Jangka Menengah ( Medium Range Planning)
    Perencanaan jangka menengah merupakan perencanaan yang dibuat untuk kegiatan produksi selama 2 sampai 3 tahun mendatang.
  3. Perencanaan Jangka Pendek ( Short Range Planning)
    Perencanaan jangka pendek merupakan penentuan kegiatan produksi yang akan dilakukan dalam jangka seru tahun mendatang atau bahkan kurang dari satu tahun. 

6. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Perencanaan Produksi
Dalam melaksanakan kegiatan perencanaan produksi harus diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi proses produksi maupun kegiatan selanjutnya. Menurut Sofjan Assaury (1998:23), dalam bukunya “Manajemen Produksi dan Operasi” secara garis besar faktor–faktor yang mempengaruhi perencanaan produksi dibagi menjadi:
    •  Faktor internal, merupakan faktor–faktor yang berada dalam kekuasaan pimpinan perusahaan yang meliputi, Kapasitas mesin dan peralatan. Produksi tenaga kerja. Kemampuan pengadaan dan penyediaan Dan sebagainya.
    • Faktor eksternal, merupakan faktor-fator yang datangnya dari luar perusahaan yang berada diluar kekuasaan pimpinan perusahaan yang meliputi, Kebijakan pemerintah. Inflasi Bencana alam. Dan sebagainya Adapun faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam produksi di samping apa yang telah disebut diatas, antara lain adalah : Sifat proses produksi. Jenis an mutu dari barang yang diproduksi Sifat dari barang yang diproduksi apakah barang baru atau barang lama.
7. Langkah-Langkah Perencanaan Produksi 
        a. Penelitian dan Pengembangan Produk, meliputi:
    1. Penelitian proses produksi Merupakan penelitian yang dilakukan perusahaan yang bertujuan untuk perbaikan terhadap proses produksu yang sedang berjalan
    2. Penelitian produk Merupakan penelitian yang dilakukan perusahaan untuk mengetahui selera konsumen,sehingga penelitian ini bertujuan untuk perbaikan produk yang sudah ada dan disesuaikan dengan selera konsumen
        b. Mencari Gagasan dan Seleksi Produk, meliputi: 
    1. Mencari gagasan
      Yaitu tahapan dalam mencari gagasan-gagasan dalam rangka pengembangan produk. 
    2. Menyeleksi produk
      Tahapan untuk memilih gagasan-gagasan yang masuk atau yang terbaik berkaitan dengan pengembangan produk. 
    3. Desain produk pendahuluan
      Desain produk pendahuluan perli dibuat sebelum mentukan desain produk yang sebenernya. 
    4. Pengujian
      Merupakan kegiatan untuk menguji apakah produk layak dikembangkan atau tidak,baik dilihat dari potensi pasar atau konsumen merupakan secara dari produk tersebut. 
    5. Desain akhir
      Desain akhir dibuat bila hasil pengujian produk layak dikembangkan . 
        c. Menetapkan Skala Produksi, meliputi:
    1. Penetapan waktu 
    2. Penetapan kualitas 
    3. Menghitung Biaya 
    4. Penetapan tenaga kerja 
    5. Penetapan peralatan 
    6. Penetapan bahan baku 
    7. Tahapan skala produksi meliputi: Routing, Scheduling, Dispatching, Follow-up
Disclaimer : All the games, themes, softwares and other resources are reproduced from any sources, forums or blogs. If any violation of your copyright, please inform, we will remove within 24 hours.
All credit is given to the original ripper or uploader.
Share this article :