PKK XI - PELUANG USAHA ( PART 1 )

A. Peluang Usaha 
        Harus diakui bahwa sebenarnya peluang usaha di sekitar kita sangat banyak. Namun tidak semua peluang usaha atau bisnis tepat dilakukan pada sembarang waktu dan tempat. Bagi calon wirausaha yg akan membuka usaha baru, perlu terlebih dahulu melakukan observasi, survei lapangan, dan banyak bertanya mengenai seluk beluk bisnis yang akan digelutinya. 
        Peluang usaha terdiri dari dua kata, Peluang dan usaha. Peluang berarti kesempatan, dan usaha berarti upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan berbagai daya atau sumber daya yang dimiliki. Secara sederhana peluang usaha merupakan suatu kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai dengan menggunakan sumber daya yang miliki. 
        Tujuan yang hendak dicapai bisa dalam keuntungan, uang, kekayaan, kepuasan batin, popularitas, status sosial dan lain-lain. Untuk mencapai tujuan tersebut seseorang dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Sumber daya itu dapat berupa uang/modal, pengetahuan, skill, relasi yang luas, pengalaman dan lain-lain. Artinya sumber daya ini mencakup segala sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha. Seorang wirausaha harus berfikir tentang seperti apa peluang usaha yang baik itu. 

Berikut adalah ciri-ciri peluang usaha yang baik. 
        1. Bersifat orisinil 
        2. Harus dapat mengantisipasi peruabahan persaingan dan kebutuhan pasar 
        3. Sesuai dengan minat 
        4. Tingkat kelayakan usaha teruji 
        5. Bersifat ide kreatif 
        6. Ada keyakinan untuk mewujudkan 
        7. Ada rasa senang saat menjalankan 

        Dalam kenyataannya peluang yang baik saja tidak cukup, tapi juga harus potensial. Banyaknya peluang usaha di sekitar kita, mengharuskan seorang wirausaha untuk cermat dalam mengkaji mana peluang usaha yang potensial. 

Ciri-ciri peluang usaha yang Potensial adalah sebagai berikut. 
        1. Memiliki nilai jual
        2. Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, dan bersifat nyata 
        3. Usaha tersebut mamapu bertahan lama di pasar 
        4. Tidak menghabiskan modal, karena terlalu besar investasinya 
        5. Bisa ditingkatkan skalanya menjadi industri 

Peluang usaha yang bernilai jual memiliki ciri-ciri sebagai berikut. 
        1. Mampu memenuhi kebutuhan konsumen 
        2. Memiliki keunggulan bersaing 
        3. Tidak bersifat sementara 
        4. Ada nilai uang 
        5. Memenuhi aspek kreatif dan inovatif 
        
B. Analisis Peluang Usaha 
        Tidak semua peluang yang ada dihadapan kita secara otomatis bisa dikerjakan. Namun terlebih dahulu harus dilakukan analisis. Analisis peluang usaha adalah suatu analisis untuk mengetahui berbagai kemungkinan dari berbagai macam kesempatan usaha, mana yang bisa dilakukan dan bisa memberikan keuntungan dengan berbagai tingkat resiko yang akan di hadapi. 

Untuk dapat menggali dan memanfaatkan peluang usaha, seorang wirausaha harus dapat berfikir secara positif dan kreatif, diantaranya yaitu: 
        1. Percaya dan yakin bahwa usaha tersebut dapat dilaksanakan 
        2. Mau menerima gagasan atau ide-ide baru 
        3. Memiliki semangat kerja yang tinggi 
        4. Mampu berkomunikasi dengan baik 
        5. Bertanya pada diri sendiri 
        6. Mau mendengarkan saran orang lain 

C. Persiapan Peluang Usaha 
        Untuk melakukan analisis peuang usaha di butuhkan persiapan sebagai berikut. 
        1. Meneliti luas usaha yang dipilih 
        2. Bentuk usaha 
        3. Jenis usaha yang ditekuni 
        4. Mengenal informasi usaha yang diterima 
        5. Memiliki peta peluang usaha yang menguntungkan

Langkah-langkah analisis peluang usaha : 
        1. Membuat sketsa bidang usaha yang ditekuni 
        2. Penyediaan modal 
        3. Mengurus izin usaha 
        4. Menyiapkan tenaga kerja 
        5. Menyiapkan sarana 
        6. Menyiapkan bahan baku 
        7. Menetapkan lokasi 
        8. Menetapkan metodologi 
        9. Menetapkan teknologi usaha 
        10. Menetapkan Manajemen 
        11. Mencari Mitra Usaha 

D. Tujuan Analisis Peluang Usaha 
        Secara umum tujuan analisis peluang usaha adalah untuk mengetahui apakah usaha tersebut layak dikerjakan atau tidak. Oleh sebab itu seorang wirausaha harus cermat, yakin dan berani. 

Tujuan analisis peluang usaha : 
         Untuk menemukan peluang usaha. 
         Untuk menemukan potensi usaha. 
         Untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia. 
         Untuk mengetahui berapa lama usaha bertahan 

E. Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha 
        Seorang wirausaha senantiasa dihadapkan dalam dua kemungkinan, yakni keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan usaha. 

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan keberhasilan dan kegagalan usaha. 
        1. Faktor-faktor penyebab keberhasilan wirausaha 
            Keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan suatu usaha dipengaruhi oleh beberapa faktor. 
            Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan seorang wirausaha dalam mengelola 
            usaha: 
            a. Faktor manusia 
                1) Kepribadian
                    Kepribadian atau karakter seseorang sangat menunjang keberhasilannya. Karakter bisa 
                    bawaan dari lahir namun bisa juga di latih secara terus-menerus. Kemauan keras untuk 
                    berubah dan lingkungan sangat berpengaruh bagi pembentukan karakter. 
                2) Ilmu Pengetahuan 
                    Ilmu, membantu kita dalam menghadapi berbagai persoalan. Dalam mengelola usaha seorang 
                    wirausaha dihadapkan dengan berbagai macam kondisi. 
                3) Pengalaman yang dimiliki 
                    Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Kita bisa belajar dari pengalaman diri 
                    sendiri maupun pengalaman orang lain. 
                    Pengalaman orang lain bisa kita amati secara langsung, bisa juga berupa kisah inspiratif bisa 
                    di dapatkan melalui buku, maupun media elektronik seperti televisi, internet.
 
            b. Keuangan 
                Faktor keuangan merupakan salah satu pendukung keberhasilan dalam usaha. Tanpa adanya 
                modal, usaha tidak mungkin bisa berjalan. Modal tersebut digunakan untuk membiayai 
                pengeluaran, seperti pembelian bahan baku, peralatan, perlengkapan kerja, gaji karyawan, 
                promosi dan kegiatan operasional lainnya. Uang memang bukan segalanya tapi segalanya 
                membutuhkan uang. 

            c. Perencanaan 
                Perencanaan yang matang sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan usaha. Agar usaha 
                yang mau dijalankan bisa terarah, dan tidak asal berjalan maka dibutuhkan planning yang 
                matang. 
                
                Perencanaan dapat dimulai saat usaha itu mau didirikan, misal: 
                    - Produk apa yang mau dibuat 
                    - Berapa modal yang dibutuhkan 
                    - Siapa calon konsumen sasarannya 
                    - Dimana tempat usahanya 
                    - Siapa yang terlibat dalam kegiatan usaha 

            d. Pemasaran
                Pemasaran produk merupakan faktor sangat penting. Sebagus apapun produk, bila tidak mampu 
                memasarkannya, maka produk tidak dapat menjangkau konsumen yang dituju. Oleh sebab itu 
                harus dipikirkan, misalnya: 
                    - Siapa yang akan memasarkan produk 
                    - Siapa yang akan beli (pembeli potensial) produk 
                    - Apa strategi yang digunakan 

                Selain faktor diatas, keberhasilan seorang wirausaha dalam menjalankan usaha menurut 
                Adyaksa Dault harus dilandasi dengan falsafah yang dikenal dengan nama “ DORAEMON”, 
                yaitu sebagai berikut: 
                     Dream : memiliki impian 
                     Opportunity : mampu mencari peluang usaha 
                     Reform : menyusun perencanaan dan mengimplementasikan secara sistematis 
                     Action : melakukan suatu tindakan 
                     Energy : memiliki semangat yang tinggi 
                     Mapping : bisa melakukan pemetaan usaha dengan analisis SWOT 
                     Organizing : bergabung dengan organisasi atau perkumpulan 
                     Network : memiliki jaringan atau relasi yang luas 

        2. Faktor-faktor penyebab kegagalan wirausaha 
            Keberhasilan dan kegagalan wirausaha sangat tergantung dari kepribadian wirausaha itu sendiri.
            Menurut Zimmerer yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usahanya adalah: 
                     Tidak kompeten dalam manajerial’ 
                     Kurang 
                     berpengalaman 
                     Tidak bisa mengelola keuangan 
                     Lokasi yang kurang mendukung 
                     Gagal dalam perencanaan 
                     Sikap yang kurang bersungguh-sungguh 
                     Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan atau transisi kewirausahaan 
                     Kurang pengawasan peralatan
Disclaimer : All the games, themes, softwares and other resources are reproduced from any sources, forums or blogs. If any violation of your copyright, please inform, we will remove within 24 hours.
All credit is given to the original ripper or uploader.
Share this article :